kk Home
jj

LAMPU PEMANGGIL IKAN

Lampu Pemanggil Ikan; dirancang sebagai alat daya tarik untuk mengumpulkan ikan sekaligus untuk meningkatkan hasil tangkapan bagi para Nelayan/Pemancing atau para pencari ikan di laut

Bagi nelayan atau para pencari ikan, mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah merupakan tujuan utama. Tetapi bila hanya mengandalkan peralatan yang biasa-biasa saja, sungguh mustahil tujuan tersebut akan tercapai.

Untuk tercapainya nelayan harus memahami benar tentang karakteristik atau prilaku ikan yang akan ditangkap. Bila karakteristik tersebut sudah diperoleh atau diketahui, maka persoalannya hanya masalah waktu yaitu kapan ikan tersebut akan ditangkap. Salah satu karakter ikan adalah sensitifitas respon mereka terhadap cahaya. Karena itulah kami membuat suatu alat bantu yang dapat membantu dalam menangkap ikan. Dan alat bantu tersebut berupa sebuah lampu khusus.

Bermacam-macam lampu pemanggil ikan :

Jenis : Lampu Celup Dasar Air
(LACUDA)

Sumber Listrik AC (Genset)

 

kk

Harga Lampu : Rp. 1.500.000/buah

kk


SPECIFIKASI TEKNIS : LACUDA

Jenis Lampu : Bohlam Pijar 500 Watt
Dudukan Lampu : Resin BQTN
Kerangka Stainles Steel : Delta (Ǿ diameter ) 5 mm
System Kedap Air : Sela Silikon Rubber
Stabilisator (Pemberat) : Besi Tebal 10 mm Dilapisi Chrom
Kabel : 12 Meter
Dimer : Kapasitas 600 Watt
Tali Penggulung (tambang): 10 meter
Sumber Listrik : AC (Genset) 220 Volt
Download Brosur LACUDA


Jenis : TESSLA
Sumber Arus AC (Genset)

vv
vv
   

ss

Harga Lampu : Rp. 1.200.000/buah

zz

SPECIFIKASI TEKNIS : TESSLA

Dimensi (P x L x T) : 20 x 20 x 43 (cm)
Jenis Lampu : 250W Mercury Vapour
Jenis Fitting : E40
Kerangka Pelindung : Baja Pelapisan Ganda
Sistem Kedap Air : 360o Marine Sealant
Suplai Kabel : 10 m
Sumber Listrik :AC (Genset) 220 Volt
Download Brosur TESSLA


Jenis : Lampu Celup Bawah Air
LACUBA
Sumber Arus DC (Accu)

jjk

kk

Harga Lampu : Rp. 1.300.000/pasang
(Tidak termasuk Accu)

SPECIFIKASI TEKNIS : LACUBA

Lampu : LED - 2x10W
Tegangan : 12 V DC – 220 V AC
Panjang Kabel : 12 meter (dibuat untuk tahan air)
Ukuran : Panjang 45 Cm, Diameter 7 Cm
Berat : 3,5 Kg per Lampu
Lama Operasi : 8 – 10 jam (satu malam)
Umur lampu LED : 50.000 Jam
Sumber Arus : Accu 12 Volt
Download Brosur LACUBA


PT. TRIJAYA SANTIKA BHAKTI
Komplek BPPT Blok H12-A18, Jl. Pesanggrahan, Meruya Utara, Jakarta Barat
Tlp. (021) 5851953, Fax. (021) 5850534, HP. 0815 8816418 - 0821 24036806

Contak :
EFFENDI

Nelayan Muara Badak Dibantu 40 Lacuda
Untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan di Perairan Umum

TENGGARONG – Sebagai perangsang bagi para nelayan agar bisa menggunakan alat yang lebih baik lagi untuk meningkatkan pendapatan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupatan Kutai Kartanegara (Kukar) memberi bantuan 40 buah Lampu Celup Dalam Air (Lacuda) kepada 5 kelompok nelayan di Kecamatan Muara Badak, acara berlangsung di Kantor Stasiun Bumi Muara Badak Ulu, Jumat (2/11), kemarin.

Dalam 5 kelompok yang mendapatkan Lacuda diantaranya 4 kelompok berasal dari Muara badak Ilir dan 1 kelompok dari Muara badak Ulu, terdiri dari kelompok Sinar laut yang beranggotakan 15 orang mendapatkan Lacuda sebanyak 10 Buah, Mallusetasi beranggotakan 20 orang mendapatkan 7 buah, Harapan Baru beranggotakan 15 orang mendapatkan 10 buah, Putra Tokolina beranggotakan 20 orang mendapatkan 10 buah dan Usaha Baru beranggotakan 15 orang menadapatkan 3 buah Lacuda.

Sebelum memberikan Lacuda kepada perwakilan masing-masing kelompok, Plt Kepala Dislutkan Ir A S Syaffiuddin menjelaskan, “Sengaja Lacuda ini disediakan sebagai uji coba bagi nelayan bagan tancap dalam menangkap ikan”,katanya. Sebelumnya Lacuda ini sudah di uji coba dikecamatan Marangkayu dan hasilnya sangat memuaskan bukan ikan kecil saja yang didapat tapi ikan besar juga ikut serta, tambahnya. Menurutnya alat penangkap Ikan yang berbentuk Lacuda dirancang sebagai alat daya tarik untuk mengumpulkan ikan sekaligus untuk meningkatkan hasil tangkapan bagi para nelayan di laut, bagi nelayan atau para pencari ikan, mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah merupakan tujuan utama, tetapi bila hanya mengandalkan peralatan yang biasa-biasa saja, sungguh mustahil tujuan tersebut akan tercapai.

Agar bisa tercapai, nelayan harus memahami benar, tentang karakteristik atau prilaku ikan yang akan ditangkap, bila karakteristik tersebut sudah diperoleh atau diketahui, maka persoalannya hanya masalah waktu yaitu kapan ikan tersebut akan ditangkap.

“Salah satu karakter ikan adalah sensitifitas respon mereka terhadap cahaya, karena itulah sengaja kami memberi para nelayan dalam bentuk alat bantu yang dapat membantu dalam menangkap ikan dan alat bantu tersebut berupa sebuah lampu khusus yaitu Lacuda”, katanya. Lanjutnya, Lacuda adalah jenis lampu bawah air yang , didesain dan dikemas secara khusus dalam satu sistem dan telah teruji tahan hingga kedalaman 12 meter. Lacuda dipasang pada Perahu, Bagan Tancap maupun Bagan Apung dan dicelupkan kedalam air dengan penambahan beberapa peralatan untuk menambatkan kabel pada Perahu, maupun bagan lampu jenis ini dilengkapi pula dengan sistem elektronik, kabel penghubung, Dimer dan dioperasikan dengan sumber arus Searah (AC) dari Genset untuk menghasilkan cahaya 500 Wat dengan intensitas yang terang. Ia sangat berharap dengan adanya alat bantu ini bisa dimanfaatkan oleh para nelayan dan hasil tangkapan ikannya akan semakin bertambah, sedangkan bagi para nelayan lainnya yang belum mendapatkan alat ini yang berminat pada Lacuda, mungkin bisa membeli sendiri, untuk tempat pembeliaanya bisa lewat pemesanan nantinya dan harga 1 buah Lacuda berkisar Rp1.500.000.